Lewati ke konten utama
  1. Blog/

Membuat Blog Tidak Perlu Mahal, Ini Daftar Situs Membuat Blog Gratis

Blog Website Wordpress Blogger
Tamago!
Penulis
Tamago!
Kamu itu seperti langit yang tidak pernah bisa aku gapai
Daftar isi

Membuat blog itu ternyata mudah, tapi masih ada beberapa orang yang tidak menyadarinya. Padahal Saat ini ada banyak sekali platform untuk membuat blog baik itu berbayar maupun gratis. di bawah ini kami merangkup beberapa platform dari berbagai situs yang bisa digunakan untuk membuat blog tanpa biaya alias gratis.

Blogger

Situs gratis pertama yang direkomendasikan untuk membuat blog adalah Blogger. Di Blogger, pembuatan blog personal bisa dilakukan dengan sangat mudah. Hanya perlu membuat akun dan memilih tema blog yang ingin digunakan, kamu bisa langsung menuliskan apa pun yang ada di pikiranmu. Intinya, Blogger sangat cocok untuk digunakan bagi para penulis pemula yang sedang mempelajari dunia content writing.

Wordpress

WordPress adalah platform gratis yang memungkinkan kamu untuk blogging sambil belajar cara membangun situsmu sendiri. Kamu bisa membangun semuanya benar-benar dari nol, bahkan sampai mengurus hosting software. Hal ini berarti kamu memiliki kendali penuh atas situs yang dibangun. Penampilannya, kegunaan di dalamnya, dan juga bagaimana cara kamu menghasilkan uang dari blog tersebut.

Sangat menarik, kan?

Meskipun begitu, untuk menghasilkan uang dari WordPress, kamu tidak bisa menggunakan versi gratis dan harus membayar biaya langganan secara rutin.

Medium

Kalau ingin membuat portofolio yang menarik untuk content writer, kamu bisa coba mulai blogging di Medium. Medium adalah situs yang memungkinkan kamu untuk membaca dan membuat konten blog secara gratis, dengan topik yang sangat variatif. Di situs ini, tulisan yang kamu buat akan berada di dalam Medium saja. Jadi, memang bukan blog pribadi seperti dua contoh sebelumnya.

Meskipun begitu, artikel yang kamu buat bisa dilihat oleh jutaan orang yang mengunjungi Medium. Tak hanya membantu proses pembuatan portofolio menulis, kamu juga bisa sekaligus mendapatkan audiens tanpa perlu mencarinya sendiri.

Wix

Mungkin kamu sering melihat iklan Wix di berbagai macam platform media sosial seperti YouTube. Wix sendiri merupakan platform yang bisa digunakan untuk membuat website-mu sendiri dan memungkinkan kamu untuk mengatur front-end sendiri.

Nah, Wix memiliki hosting gratis, sehingga kamu tidak perlu repot-repot lagi. Hanya perlu membuat akun, pilih layout dan template yang diinginkan, lalu kamu bisa langsung membuat blog secara gratis di situs ini. Kamu bisa mengutak-atik banyak hal, sampai website yang dibuat sama dengan apa yang kamu inginkan.

Weebly

Website selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk membuat blog secara gratis adalah Weebly. Pada dasarnya, Weebly kurang lebih sama dengan Wix. Kamu bisa mengutak-atik sesuka hati dan menambahkan elemen apa pun, sampai blog yang dibuat tampilan dan kegunaannya sesuai dengan kemauanmu. Kamu juga bisa memiliki domain sendiri dan juga mendapatkan analisis dari Weebly, tetapi tentu tidak secara gratis.

Tumblr

Sama seperti Blogger, Tumblr adalah salah satu situs membuat blog gratis yang paling dikenal dan sudah berada cukup lama. Meskipun begitu, interface situs ini memang lebih menyerupai media sosial dan platform untuk menuliskan catatan pribadi saja. Kalau ingin mengejar karier profesional, Tumblr mungkin kurang cocok untuk dijadikan portofolio.

Namun, jika memang sesuai dengan karier yang ingin dituju, silakan saja. Blog yang kamu buat di Tumblr bisa menampilkan iklan dan juga bisa diintegrasikan dengan Google Analytics, lho. Jadi, kamu bisa melihat performa konten yang dibuat di sana.

Ghost

Baru berdiri sejak 2013 silam, platform Ghost bisa menjadi solusi kamu dalam memilih platform di antara daftar blog gratis lainnya. Platform baru open source ini bisa disandingkan dengan WordPress yang dibuat dalam bahasa pemrograman JavaScript.

Untuk membuat konten dengan Ghost, kamu bisa melakukannya dengan mudah setelah kamu selesai men-set up website. Editor websitenya tampil minimalis dengan menawarkan pratinjau langsung script konten di sisi kanan layar.

Substack

Sedikit berbeda dengan daftar blog gratis lainnya, Substack adalah platform khusus buletin yang dirancang untuk memberi kesempatan penulis dan pembuat website berkomunikasi langsung dengan audiens mereka. Meskipun fokus utamanya adalah platform pengiriman buletin melalui email, kamu bisa mendapatkan ruang blog gratis yang dapat berfungsi dengan baik ketika kamu mendaftarkan akun Substack gratis.

Namun, jika kamu mencari template blog yang menarik dengan fitur web keren, mungkin Substack bukan pilihan daftar blog gratis yang pas. Sebab, layout Substack fokus pada penggunaan kata-kata tertulis yang terlihat bagus dalam format email. Alhasil, Substack menyediakan CMS dasar dengan tools pemformatan teks dan kemampuan untuk memasukkan gambar, video, dan konten web lainnya.

Joomla

Joomla adalah platform blog gratis serbaguna dan powerful yang dapat dimanfaatkan untuk hampir semua jenis website. Meskipun Joomla termasuk platform open-source, kamu harus membayar untuk mendapatkan hosting dan nama domain, kecuali kamu membuat website melalui launch.joomla.org.

Joomla memiliki ratusan template dan fitur tambahan yang bisa langsung digunakan dan disesuaikan agar blog terlihat seperti yang kamu inginkan. Secara umum, Joomla memiliki interface fleksibel yang dapat digunakan untuk blog website yang lebih kompleks. Jika kamu berencana mengembangkan blog menjadi situs yang lebih besar dan berpotensi menghasilkan uang, Joomla adalah solusi yang lebih terukur.

Site123

Site123 mendeskripsikan dirinya sebagai pembuat website termudah sejauh ini. Platform yang patut kamu masukkan ke daftar blog gratis ini menyediakan pilihan style dan layout sederhana siap pakai yang akan membantu kamu mewujudkan website impian. Apabila kamu membangun blog sederhana dengan komentar, penjadwalan posting, dan terintegrasi media sosial misalnya blog pribadi, maka Site123 adalah solusinya. Seperti daftar blog gratis lainnya, Site123 dapat menghasilkan uang dengan menempatkan iklan di website kamu.

Hubpages

Apakah kamu ingin membangun website blog secara gratis tapi tidak ingin direpotkan dengan kode dan desain web? Mungkin Hubpages adalah solusi daftar blog gratis yang kamu cari.

Hubpages dikembangkan untuk membantu kamu dan pemula lain membagikan postingan blog ke komunitas besar dan masyarakat luas. Namun, dengan Hubpages, website blog kamu akan terikat dengan sistem Hubpages sehingga kamu tidak bisa mengatur tampilan secara bebas. Kalau kamu hanya tertarik untuk mengekspresikan diri melalui kata-kata, bukan melalui desain, Hubpages patut kamu coba.

Jekyllrb

Jekyll adalah platform blog gratis lainnya yang ditujukan untuk developer. Sebab, platform ini mengharuskan penggunanya untuk coding jika ingin membuat website statis yang bisa di hosting di mana pun. Contohnya, kamu bisa hosting gratis melalui GitHub karena Jekyll berperan di belakang GitHub Pages.

Dengan Jekyll, kamu bisa mengurangi kebutuhan operasional teknis seperti database, upgrade, dan lain sebagainya sehingga terhindar dari beberapa kesalahan yang umum terjadi saat membangun website.

Silverstripe

Apabila kamu programmer berpengalaman yang menghargai keamanan powerful dan fitur canggih, SilverStripe bisa masuk ke dalam daftar blog gratis terbaik yang wajib dicoba. SilverStripe adalah CMS bersifat open-source dan gratis yang mudah digunakan. Tapi kamu harus memiliki keterampilan pengembangan web untuk menjalankan blog dan mengatur nama domain dan hosting secara mandiri. Fitur utama pada platform ini terdiri dari panel administrasi, website editor, pengeditan rich-text, penyematan video dengan cepat, dan struktur navigasi drag-and-drop.

Webs

webs.com adalah situs yang sangat mudah untuk menyusun situs yang menarik. platform ini bermanfaat untuk kalian yang ingin menyusun web profesional seperti profil perusahaan. tidak hanya profil perusaan kalian juga bisa menyusun berbagai jenis situs sesuai dengan tujun dan fungsi masing-masing.

Pen.io

penyedia blog gratis selanjutnya adalah pen.io, yang membedakan dari situs ini adalah kalian tidak memerlukan login tetapi digantikan dengan menentukan tempat URL untuk artikel dan mengolah passwordnya. Kalian hanya dapat menambahkan gambar dengan menggunakan drag and drop dan kalian bisa menyusun artikel beberapa halaman denga tag.

LiveJournal

Ternyata platform ini sudah ada sejak tahun 1999, livejournal adalah kounitas online yang dibuat untuk blog pribadi, livejournal berfungsi untuk menyimpan berbagai hal yang ingin di bagikan. livejournal menyediaka fasilitas pertemanan dan pesan pribadi, sehingga kita dapat menemukan teman sesama livejournal seperti sosial media lainnya.

livejournal memiliki 25juta pengguna di seluruh dunia, dan pengguna livejoural berasal dari berbagai dunia.

Selain memberi kemudahan, penyedia blog gratis memberikan tampilan yang tidak membosankan bagi pengguna yang ingin membaca artikel terebut. Kalian juga dapat menggunakan beberapa platform untuk mempubliskan tulisan ataupun konten-konten yang kalian buat.

LinkedIn

Aplikasi yang berfungsi untuk membangun karir profesional ini ternyata bisa Anda pakai untuk kebutuhan blogging. Nah plusnya LinkedIn adalah semua yang menggunakan kebanyakan dari kalangan profesional.

Untuk membuat tulisan pun mudah sekali, tinggal masuk ke profile kemudian pilih “Post”. Dengan Anda rajin sharing di LinkedIn maka koneksi bisnis Anda pun semakin meningkat. Bukan hal mustahil lagi Anda bisa mendapatkan pekerjaan baru dari koneksi LinkedIn.

Wattpad

Wattpad adalah sebuah platform blogging yang dibuat bagi para penulis cerita fiksi. Wattpad sebenarnya memiliki karakteristik yang sama dengan media sosial, namun platform ini dikhususkan untuk cerita-cerita fiksi. Dalam Wattpad, pemilik akun bisa saling melemparkan komentar, membuat jaringan, hingga mengembangkan keterampilan dan kemampuan menulisnya masing-masing. Bahkan, ada kompetisi menulis khusus di Wattpad. Ditambah lagi, Wattpad juga memberikan kesempatan kepada para penulis pemula agar karyanya bisa bertemu penerbit buku, rumah produksi film, bahkan telah banyak karya fiksi dari Wattpad yang sudah cerita di tv series atau web series.

Tetapi, layaknya menggunakan media sosial, Wattpad mengharuskan penggunanya untuk pintar dalam menyusun strategi agar tulisannya bisa dibaca banyak orang. Penulis di platform blogging ini dituntut untuk selalu produktif dalam mempublikasikan karya terbarunya. Selain itu, penulis juga dianjurkan untuk menggunakan tagar atau hashtag yang sesuai dengan yang sedang tren, aktif di komunitas penulis, serta aktif untuk melakukan promosi di kanal dan media sosial lainnya. Tujuannya adalah mendorong banyak pembaca untuk membuka tulisan penulis di Wattpad.

Github

Github adalah salah satu gudang online terbesar di dunia yang digunakan untuk manajemen proyek bersama. Bahasa sederhananya Github bisa digunakan sebagai hosting gratis. Termasuk juga digunakan sebagai platform untuk membuat blog. Nantinya alamat blog Anda akan berakhiran github.io.

Buat Anda yang masih pemula dalam web, tidak saya sarankan untuk menggunakan platform Github. Github ini lebih cocok buat orang IT atau web development yang ingin membangun portofolio dirinya.

Hal ini karena proses pembuatannya yang bisa dibilang susah-susah gampang. Namun jika Anda tertarik tidak ada salahnya untuk mencoba hal baru.

Kelebihan yang dimiliki github adalah kita bisa melakukan custom domain tanpa biaya hosting, dan juga support Adsense. Sedangkan kekurangannya adalah user interface yang tidak ramah untuk pemula. Karena memang Github didesain untuk para programmer.

Blog.com

Fasilitas gratis yang diberikan Blog.com juga sangat beragam, seperti menawarkan fitur pilihan template dengan layout berbeda-beda, menawarkan fitur top level domain (TLD). Bahkan, Blog.com juga memginijinkan penggunananya mencari uang (earn money) dengan blognya tersebut, namun hal ini dikhusukan untuk akun premium (berbayar) saja.

Blogdetik

Blogdetik sendiri merupakan penyedia blog gratis yang dicetuskan oleh media online berbasis berita, yaitu Detik.com. Artinya, platform yang satu ini lahir di tanah air sendiri.

Selain itu, Blogdetik juga menyediakan banyak panduan bagi para pemula agar para pengguna tidak kebingungan saat menggunakan blog mereka. Hingga kini, pengguna yang bergabung di Blogdetik mungkin sudah lebih dari ribuan orang di seluruh Indonesia.

Menariknya di Blogdetik anda juga akan lebih mudah mendapat banyak teman. Pasalnya, mayoritas pengguna blogdetik adalah masyarakat Indonesia sendiri. Jadi mungkin saja, anda menemukan salah satu blogger blogdetik yang rumahnya dekat anda. Dengan begitu, anda bisa mengenal lebih banyak orang, pun dapat berbagi pendapat sesama pengguna.

Quora

Quora adalah forum online atau sarana diskusi berisi tanya-jawab antar-pengguna (Quoran) tentang berbagai masalah. Quora dikenal sebagai situs pertukaran pengetahuan. Buka quora.com (Inggris) atau id.quora.com (Indonesia). Anda bisa langsung login menggunakan akun Gmail atau Facebook seperti halnya di Medium. Namun, Quora juga memungkinan pengguna untuk membuat blog di akunnya.

Drupal

Berbeda dengan platform blogging yang kita bahas sebelumnya, Drupal merupakan platform yang lebih advance. Anda memiliki keleluasaan dalam memanajemen konten, meningkatkan sistem keamanan, mengubah tampilan, hingga menerapkan SEO.

Platform blog gratis yang satu ini sangat populer di kalangan pengguna yang memiliki pengetahuan CSS, HTML, PHP, dan JavaScript karena untuk menikmati fitur-fitur Drupal Anda harus memiliki pemahaman tentang bahasa pemrograman tersebut.

Drupal banyak digunakan oleh perusahaan besar untuk membangun website mereka, contohnya Paypal, Tesla, The Economist, dan lain-lain. Platform yang satu ini dikembangkan secara open-source dan memiliki komunitas pengguna yang kuat. Selain itu, Drupal menyediakan banyak plugin untuk mendukung Anda yang ingin fitur tambahan pada website.

Kompasiana

Kompasiana situs ini sudah tersediakan untuk para penulis yang akan menuangkan isi pikirannya kedalam postingan artikel. Situs penyedia blog ini selalu mempostingkan artikel kalian dan tentunya berkesemapatan mendapatkan view yang cikup banyak setiap harinya.

Seperti namanya Kompasiana yang tentunya menjadi bagian situs Kompas.com jadi buat kamu yang ingin bergabung menjadi penulis bisa daftar pada situs kompasiana ini. Selain itu banyak juga event-event yang dapat kamu ikuti dan berksempatan mendapatkan hadiah hingga jutaan rupiah.

Squarespace

Situs Squarespace salah satu situs penyedia blog terbaik hingga tahun 2023 ini kamu dapat membuat halaman blog kamu lebih nyata. Pada situs Squarespace banyak sekali template sesuai kategori yang akan kamu bangun pada halaman blog kamu. Tersedia versi Trial tentu dapat kamu coba untuk menggunakan situs Squarespace penyedia blog terbaik ini.

Steemit

Situs penyedia blog terbaik untuk para penulis blog adalah Steemit dimana kamu bisa mendapatkan banyak sekali dollar dari situs Steemit ini. Tentunya kamu harus membuat artikel yang menarik dan bisa mendatangkan banyak aktivitas seperti view, komentar, share dan like.

Situs Steemit ini juga dapat kamu gunakan untuk menanam backlink blog pribadi kamu dengan menulis terlebih dahulu pada situs penyedia blog terbaik hinga tahun 2021 ini. Jadi silahkan manfaatkan situs steemit ini untuk menghasilkan uang dan mendatangkan banyak view ke blog utama.

Academia.edu

Academia.edu situs untuk mempostingkan artikel dalam format doc, pdf dan slide buat artikel dan sisipkan link untuk mendatangkan view ke blog utama. Silahkan manfaatkan blog penyedia blog untuk menanam backlink ke blog kamu.

Situs Academi.aedu Indonesia menempati rank site saat ini 46 dan 217 rank site global tentunya ini menjadi peluang terbaik untuk mendatangkan visitor baru ke blog utama. Silahkan siapkan artikelnya dalam file pdf, doc dan kamu upload ke Academia.edu.

Webnode

Webnode adalah situs penyedia blog terbaik lainnya yang dapat terpilih untuk membuat blog pribadi, banyak sekali template pada situs ini. Blog pribadi ini dapat kamu buat sesuai kategori yang akan kamu buat pada blog kamu dan situs Webnode juga gratis jadi silahkan dapat kamu coba.

Ucraft

Situs Ucraft ini sayangnya berbayar gan kamu membutuhkan sekitar $120 per tahunnya untuk membuat dan mempublikasikan situs blog yang sudah kamu buat. Namun tenang saja kamu akan mendapatkan 14 hari untuk trial jadi manfaatkan percobaan tersebut jika sudah sesuai dan pas bisa kamu bayar.

Situs Ucraft ini menurut mimin cukup professional gan dan responsive cocok buat blog pribadi kamu banyak sekali kategori yang dapat kamu pilih. Sayangnya hanya 14 hari saja untuk percobaan dan kesananya harus berbayar sekitar $120 pertahunnya.

Yola

Yola adalah situs penyedia blog terbaik hingga tahun 2023 situs penyedia blog yang mulai online sejak tahun 2007 situs ini cukup mudah digunakan tinggal drag dan drop saja. Kamu tidak perlu lama-lama membuat blog dengan situs Yola ini dengan sangat mudah membangun blog pribadi.

Selain Blog Yola ini banyak pilihan Template yang tentunya mendukung kamu dalam menentukan tampilan blog. Silahkan manfaatkan penyedia blog terbaik dan gratis ini dan tuangkan ide kamu kedalam blog Yola ini.

Kamu bisa mendapatkan blog gratis dari penyedia blog terbaik ini yaitu 3 halaman blog, kemudian bandwidth 1GB penyimpanan 1GB dan Subdomain Yola. Jadi situs ini yang mimin rekomendasikan yang tentu dapat sobat coba untuk membuat blog terbaik dan gratis tentunya.

Godaddy

situs ini memiliki tampilan yang responsive untuk sebuah blog pribadi. Khusus buat kalian bisa menggunakan situs penyedia blog ini karena tersedia gratis dan untuk berbeyar mulai Rp99.000/bulannya.

Jadi untuk membangun blog pribadi tidak ada salahnya mencoba dari situs Godaddy ini selain gratis juga ada banyak pilihan template yang dapat kamu sesuaikan sesuai kategori blog. Jadi silahkan dicoba gan dan nimati semua fitur dari situs Godaddy ini.

PBWork

PBWorks (sebelumnya bernama PBwiki) adalah sistem pengeditan kolaboratif real-time komersial (RTCE) yang dibuat oleh David Weekly pada tahun 2005, lalu kemudian Ramit Sethi dan Nathan Schmidt, bergabung sebagai pendiri. Bisa dibilang PBWorks adalah sebuah blog yang bersistem seperti wikipedia. User pbworks akan memiliki website dengan ulr : blablabla.pbworks.com

Livedoor

Livedoor adalah portal web dan platform blog gratis yang dimiliki oleh perusahaan internet di Jepang, livedoor Co.,Ltd. Antar muka dari platform blog ini menggunakan huruf bahasa jepang. Banyak sekali artis jepang yang memakai jasa blog dari Livedoor.

Ameba

Ameba adalah Japanese blogging and social networking website. Didirikan pada tahun 2009. Orang-orang terkenal asal Jepang juga menggunakan platform blog ini. User interface Ameba menggunakan huruf bahasa jepang.

Goo

Goo adalah internet search engine dan juga web portal yang diberdayakan oleh Google. Antar muka platform weblog ini juga berbahasa jepang.

Mozello

Cara membuat website gratis selanjutnya yang bisa kamu coba yaitu dengan menggunakan Mozello. Meski mungkin tidak seterkenal layanan pembuat situs web lainnya, akan tetapi Mozello juga memiliki keunggulan dibanding kompetitornya. Ini merupakan layanan pembuat website gratis dalam berbagai bahasa satu-satunya yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Dengan layanan pembuat situs web lainnya, kamu tidak dapat memiliki website multibahasa.

Jadi, Mozello bisa menjadi solusi yang tepat jika kamu merintis bisnis skala internasional sehingga semua pelanggan di seluruh dunia bisa mengetahui lebih lanjut tentang brand milikmu. Mozello memiliki fitur blog, toko online, dan SEO tools yang mumpuni untuk mendukung situs web bisnis kamu berjalan dengan baik.

Sirclo

Jika kamu sedang mencari cara membuat website gratis untuk bisnis, mungkin bisa coba layanan dari SIRCLO Store. Ini bisa menjadi layanan yang tepat jika brand kamu ingin go online. Melalui layanan SIRCLO Store, kamu bisa memiliki situs web untuk bisnis dengan tampilan yang responsif. Jadi, bisa diakses melalui perangkat apapun baik itu smartphone, laptop, komputer, hingga tablet. SIRCLO Store menyediakan berbagai pilihan template yang menarik sehingga bisa kamu pilih sesuai dengan branding bisnis.

MyWapBlog

Untuk pengguna hanpdhone tentu sudah tidak asing lagi dengan layanan blog yang pemiliknya yaitu Mr. Arvind Gupta sangat dikenal sekali dengan para pengguna layanannya karena sering terlibat obrolan langsung melalui chatroom. Bukan, Mr. Arvind bukan orang Indonesia, melainkan orang India, namun lucunya layanan blogging yang dia buat justru banyak digunakan oleh orang Indonesia. Untuk Anda pengguna handphone dan memiliki target pengunjung dari pengguna handphone / smartphone sangat saya sarankan untuk menggunakan layanan ini, karena dari segi desain template Mywapblog sangat Mobile Friendly.

Contentful

Contentful API adalah salah satu platform blog yang memberikan fleksibilitas tinggi dalam penataan layout artikel Anda. Penataan artikel dengan platform ini memang sangat mudah dan bisa sangat fleksibel. Desain yang bisa Anda nikmati juga beragam dan fleksibel pula untuk ditata ulang. Apalagi, Anda bisa menggunakan desain yang berbeda untuk masing –masing artikel pada rentang waktu yang berbeda. Hmm, menarik bukan?

Svbtle

Svbtle? Ya, namanya cukup susah untuk diucapkan ya? Platform blog yang satu ini memang terbilang jarang dipakai oleh para blogger Indonesia. Popularitasnya memang tidak begitu tinggi. Mungkin juga lantaran namanya yang susah diucapkan.

Apalagi, blog ini juga menyerupai platform Medium yang tidak memungkinkan Anda untuk banyak melakukan edit terhadap tampilan blog. Jika Anda sekedar mencari tempat menulis yang sederhana dan mudah digunakan, maka Anda bisa memilih platform blog ini.

Penzu

Di platform Penzu.com, Kamu bisa berbagi jurnal kepada banyak pihak. Penzu.com memastikan bahwa setiap jurnal yang Kamu terbitkan di dalamnya akan aman terkendali dan dilengkapi oleh perlindungan password ganda.Slogan yang dimiliki oleh Penzu.com adalah “Your Private Online Journal” dengan keamanan tinggi berupa adanya enkripsi setara militer yang kuat. Penzu.com menawarkan berbagai kelebihan yang menjadikannya sangat menarik bagi para pengguna.

Ada tiga jenis blog yang ditawarkan oleh Penzu.com yaitu Travel Journal, Daily Diary untuk publik serta Ekspresif Journal untuk pengguna pribadi.

Postach

Postach.io merupakan salah satu platform website builder yang memungkinkan penggunanya untuk terhubung ke berbagai aplikasi untuk catatan online. Kamu bahkan bisa menghubungkan Postach.io dengan aplikasi Evernote mengingat pengembang website builder ini adalah mereka yang turut mengembangkan Evernote. Jika Postach.io sudah terhubung ke Evernote, Kamu bisa langsung menerbitkan catatanmu di Evernote yang dibuat dari handphoneke dalam Postach.io. Caranya hanya cukup dengan menandai catatan tersebut dengan keterangan “Published” agar dapat dilihat semua orang. Fitur lain yang dimiliki oleh Postach.io adalah dapat menggantikan penyimpanan konten ke dalam Dropbox.

Sebenarnya masih banyak lagi platform yang bisa digunakan untuk membuat blog secara gratis. tapi artikel ini sudah terlalu panjang, jadi kami sudahi sampai disini dulu.

Related

Ghost CMS, Platform Blog Pesaing Wordpress
Blog Website Ghost CMS Wordpress
mengenal ghost cms beserta keunggulan, kekurangan, fitur, dan cara instal ghost cms di cpanel shared hosting
Mempelajari Github dan Cara Menggunakannya
Blog Website Github
mengenal apa itu github, fungsi github, cara kerja github, dan bagaaimana menggunakan github
Mulai Ngeblog Pakai Static Site Generator Hugo
Blog Website Static Site Generator Hugo
Hugo atau dikenal juga dengan SSG Hugo adalah static site generator dengan bahasa pemrograman Go Lang atau Go.