Lewati ke konten utama
  1. Blog/

Ghost CMS, Platform Blog Pesaing Wordpress

Blog Website Ghost CMS Wordpress
Tamago!
Penulis
Tamago!
Kamu itu seperti langit yang tidak pernah bisa aku gapai
Daftar isi

Ghost CMS adalah salah satu content management system yang kerap digunakan untuk membuat blog. CMS ini dibangun dengan menggunakan framework Node.js yang lebih efisien, ringan, dan fleksibel.

Meskipun tak kalah canggih, tapi belum banyak orang tahu CMS yang satu ini. Padahal, beberapa nama besar seperti Mozilla telah menggunakannya.

Malah, ada yang beranggapan CMS Ghost adalah platform blog yang sulit diinstal. Padahal selama langkah yang dilakukan benar, proses instalasi Ghost CMS bisa dilakukan dengan cepat.

Nah, di artikel ini, kami akan mengajak Anda mengenal lebih jauh apa itu Ghost CMS, berbagai fitur dan keunggulannya, kelemahanya, serta cara install Ghost di cPanel shared hosting.

Apa itu Ghost CMS

Ghost adalah sebuah perangkat lunak publishing platform atau content management system (CMS) yang dibangun di atas Node.js, dirilis dengan lisensi open source, dan dirancang untuk memudahkan publikasi bersama dalam tim, fleksibilitas, dan performa.

Perusahaan teknologi yang menjadi pengguna Ghost antara lain Apple, Sky News, DuckDuckGo, Mozilla, OpenAI, Square, CloudFlare, Tinder, Bitcoin Foundation, dan masih banyak lagi.

Ghost mengusung tag line “Turn your audience into a business”, karena fitur utamanya adalah newsletter dan premium content. Website yang dibuat dengan menggunakan Ghost dapat menjual konten yang dipublikasi, pembaca harus berlangganan terlebih dahulu untuk bisa membaca konten.

Ghost diciptakan oleh John O’Nolan dan Hannah Wolfe pada tahun 2013 yang dimulai dari Kickstarter dengan tujuan untuk membuat sebuah publishing platform yang baru dengan target pengguna professional publishers.

Sebelumnya, John adalah kontributor inti dari WordPress dan melihat bahwa WordPress menjadi semakin rumit dan kurang fokus dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, Ghost dimulai sebagai ide kecil untuk mengatasi masalah tersebut. Saat ini, Ghost telah menjadi salah satu proyek open source paling populer di dunia, CMS #1 di GitHub, dan digunakan oleh jutaan orang.

Fitur dan Dukungan Terbaik dari Ghost CMS

Untuk dapat bersaing dengan CMS yang sudah lebih dulu besar dan mempunyai pengguna serta komunitas yang kuat, maka Ghost datang dengan menawarkan berbagai fitur dan dukungan yang andal yang bisa menjadi pertimbangan pengguna baru.

Ghost CMS memiliki beberapa fitur yang membuatnya menonjol dibandingkan dengan sistem manajemen konten lainnya. Karena telah dikembangkan untuk membantu penerbit secara efektif, fitur-fiturnya juga berkisar pada penerbit seperti :

Roles & Permission

Peran atau roles dapat menentukan sejauh mana pengguna memiliki akses ke sistem karena setiap pengguna yang dapat ditautkan ke peran yang menentukan akses bagi penggunanya. Adapun roles yang yang disediakan oleh Ghost bagi tim yang terlibat dalam pengembangan situs web adalah :

  • Kontributor: Dapat masuk dan menulis posting, tetapi tidak dapat mempublikasikan.
  • Penulis: Dapat membuat dan menerbitkan posting dan tag baru.
  • Editor: Dapat mengundang, mengelola, dan mengedit penulis dan kontributor.
  • Administrator: Memiliki izin penuh untuk mengedit semua data dan pengaturan.
  • Pemilik: Admin yang tidak dapat dihapus dan harus mengakses detail tagihan.

Tema yang bisa dikustomisasi

Ghost CMS dapat dikustomisasi sesuai UI dengan tema. Sejak dirilisnya V4.0 Ghost, CMS yang satu ini kini memiliki banyak tema baik gratis maupun berbayar yang tersedia untuk diunduh dan diinstal. Beberapa pasar juga menjual tema premium dengan berbagai jenis dan desain tema. Sedangkan jika Anda adalah pengguna baru, Anda dapat mencari tema gratis yang mungkin Anda sukai dari berbagai pengembang.

Integrasi yang baik

Oleh karena Ghost sepenuhnya bersifat open-source dan telah dibuat sebagai JSON API, serta memiliki webhook maka ini akan memberi Anda kendali penuh atas front-end. Anda juga dapat menggunakannya sebagai headless CMS dengan integrasi berbagai teknologi.

Fleksibilitas

Pengguna dapat membuat semua jenis blog dengan cukup baik layaknya CMS lain. Tidak masalah apapun itu, penggunanya bisa membuat blog pribadi, blog foto, portofolio profesional, majalah, atau situs web berita. Tema yang tersedia di pasar cukup bagus untuk mendukung blog Anda.

Keunggulan Ghost CMS

Selain karena memiliki berbagai fitur yang mampu membantu dalam publikasi konten, CMS ini juga memiliki sederet keunggulan yang membuat kamu harus menggunakan platform ini. Di bawah ini beberapa keunggulan Ghost CMS, diantaranya sebagai berikut.

  1. Builder yang simple dan user friendly Pada tampilan pembuatan konten atau builder-nya, jenis CMS ini menerapkan full screen mode secara default. Hal ini bertujuan untuk menghindari distraksi pada pengguna terhadap hal-hal detail yang terdapat pada fitur advanced. Sehingga kamu bisa lebih fokus dalam menyusun konten.

Builder dengan model seperti ini terkesan lebih simple, serta mudah digunakan oleh seluruh pengguna sekalipun masih pemula.

  1. Performa lebih cepat Seperti yang disebutkan di atas, jenis CMS ini dibangun menggunakan node.js karena unggul dalam kecepatan hingga fleksibilitas kerja. Oleh karena itu, Ghost memiliki performa yang lebih cepat dibandingkan CMS lainnya. Hal ini juga dipengaruhi karena minimnya fitur-fitur yang memberatkan pada platform tersebut.

  2. Fitur SEO lengkap Keunggulan lainnya dari Ghost CMS adalah fitur SEO-nya yang cukup lengkap, kamu bisa menemukan fitur XML sitemap, integrasi Google AMP, schema markup, dan masih banyak lagi.

Dengan demikian, Ghost Node.js mampu menjadi alternatif platform penerbitan konten dengan tetap memprioritaskan SEO.

Kelemahan Ghost CMS dibandingkan WordPress

Setiap teknologi disamping punya keunggulan tentu juga punya kelemahan, berikut kelemahan Ghost CMS

  1. Terlalu “Minimal” Ghost CMS cocok untuk situs web berorientasi konten, pengguna tidak dapat membuat situs web lengkap dengan WordPress. WordPress direkomendasikan untuk membangun situs web bisnis. Tema Ghost terasa lebih minimalis dibandingkan WordPress. Jika Anda lebih suka pendekatan yang lebih berpusat pada desain situs web, WordPress adalah taruhan yang lebih aman.

  2. Hosting mandiri Ghost termasuk lebih sulit Banyak host saat ini tidak mendukung Ghost CMS. Tidak seperti WordPress, di mana instalasi sekali klik ada di mana-mana, situs Ghost CMS yang dihosting sendiri mengharuskan pengguna untuk mengetahui setidaknya beberapa trik dan menggunakan baris perintah/SSH. Dalam kebanyakan kasus, Anda juga perlu menyimpannya di VPS Anda.

  3. Backup web cukup rumit Pencadangan hantu dilakukan dengan mengekspor file secara manual. Ini adalah sesuatu yang akan diperbaiki oleh tim hantu di masa depan, tetapi tampaknya tidak menjadi prioritas saat ini. Satu-satunya cara untuk mengotomatisasi ini adalah dengan melakukan pencadangan tingkat server, yang tidak ideal.

Cara Instal Ghost CMS

Sebelum menginstal ghost cms pastikan terlebih dahulu untuk memilih layanan hosting yang mendukung NodeJS, akses ssh, dan terminal. berikut langkah-langkahnya:

Setup Node JS

Cari fitur Node JS

setup node js
  • Node.js version, Pilih Node.js yang direkomendasikan
  • Application root, Folder baru sebagai tempat instalasi Ghost CMS. Di sini kami membuat folder bernama root-folder atau nama yang lain juga boleh
  • Application URL, URL untuk mengakses panel admin CMS Ghost. Sesuaikan dengan nama domain Anda sendiri.
  • Application Mode, Pilih Production jika Anda ingin website langsung bisa digunakan, atau Development seperti di bawah jika ingin melakukan testing.

Kemudian klik create maka akan muncul tampilan seperti ini. Silahkan copy untuk langkah selanjutnya.

setup node js

Buka Terminal

Selanjutnya cari fitur terminal dan silahkan dibuka. Kemudian paste kode yang tadi disalin lalu enter.

buka terminal di cpanel

Instal Ghost-CLI

selanjutnya kita perlu instal ghost-cli untuk konfigurasinya. pada terminal ketikan kode berikut

npm install ghost-cli@latest -g

supaya tidak eror kita perlu memastikan bahwa folder tadi kosong, untuk itu hapus semua isi dalam folder yang tadi kita buat dengan perintah

rm -rf *

kemudian instal ghost dengan perintah

ghost install local

maka hasilnya seperti ini

instal ghost cms

Buat Konfigurasi

Berikutnya buatlah file konfigurasinya. karena tadi ghost diinstal secara local kita perlu membuat file produksinya. silahkan ketikan perintah ini

cp config.development.json config.production.json

instal ghost cms

selanjutnya buka file config.production.json. edit url nya sesuai dengan nama domain anda, jika sudah silahkan save.

Karena secara default cara ini menggunakan database sqlite3 dan sudah tidak didukung oleh ghost, kita perlu menggantinya dengan mysql8. untuk tutorialnya akan kami buatkan di postingan berikutnya.

Edit Application Startup File

kembali ke node.js lalu edit application startup file nya ubah menjadi current/index.js.

ubah settingan node.js

klik save lalu restart

Buka Panel Admin Ghost CMS

buka panel ghost cms dengan mengetikan nama domain anda ditambah dengan /ghost. Lalu silahkan buat account anda.

Selanjutnya

Instal Ghost CMS sudah berhasil, selanjutnya kamu tinggal menulis konten, membuat tema, merubah tampilan, dll.

Sumber :

  • Tutorial berdasar Pengalaman Pribadi
  • Gambar dari beberapa Sumber dikarenakan pengalaman pribadi tidak didokumentasikan

Related

Membuat Blog Tidak Perlu Mahal, Ini Daftar Situs Membuat Blog Gratis
Blog Website Wordpress Blogger
membuat blog secara gratis itu ternyata bisa, berikut ini ada banyak sekali platform yang bisa digunakan untuk membuat blog dengan gratis alias tidak berbayar
Mempelajari Github dan Cara Menggunakannya
Blog Website Github
mengenal apa itu github, fungsi github, cara kerja github, dan bagaaimana menggunakan github
Mulai Ngeblog Pakai Static Site Generator Hugo
Blog Website Static Site Generator Hugo
Hugo atau dikenal juga dengan SSG Hugo adalah static site generator dengan bahasa pemrograman Go Lang atau Go.